Thursday, February 20, 2014

Tortilla

Tortilla

Di Meksiko, Amerika Tengah, Amerika Serikat dan Kanada, tortilla adalah roti pipih tanpa ragi yang terbuat dari jagung giling atau gandum. Yang terbuat dari jagung giling adalah tortilla ala Amerika Utara dan banyak dianggap sebagai tortilla yang 'asli'. Faktanya memang tipe tortilla ini telah ada sebelum kedatangan bangsa Eropa di benua Amerika, dan mendapatkan nama 'tortilla' dari orang-orang Spanyol karena kemiripannya dengan kue dan telur dadar tradisional Spanyol. Berdasarkan ilmu asal kata (etymology), kata tortilla berasal dari kata torta yang berarti sebuah kue bundar.
Tortilla yang terbuat dari gandum adalah sebuah hasil inovasi setelah terigu dibawa ke Dunia Baru dari Spanyol ketika daerah tersebut masih menjadi daerah jajahan Spanyol. Roti ini terbuat dari adonan yang berair dan tanpa ragi, yang kemudian ditipiskan dan dimasak seperti tortilla jagung. Tortilla gandum ini sangat mirip dengan roti tanpa ragi yang terkenal di Arab, negara-negara Mediterania Timur dan Asia Selatan, walaupun lebih tipis dan lebih kecil ukurannya.

Sejarah tortilla :
Menurut legenda maya, tortilla diciptakan oleh petani untuk raja yang lapar di zaman kuno. Tortilla pertama kali ditemukan 10.000 SM dan terbuat dari jagung asli. Kemudian suku Aztec membuat tepung jagung dan digunakan untuk membuat adonan yang disebut masa.

Jenis-jenis tortilla :
1. Tortilla jagung : berasal dari America Utara yang telah ada sebelum Spanyol datang.
2. Tortilla gandum : merupakan inovasi dari tepung terigu yang diganti dengan tepung gandum.
Sekarang baik tortilla jagung maupun gandum sudah ada yang diproduksi masal oleh pabrik-pabrik sehingga kita dapat menggunakannya dengan instant.

Olahan tortilla :
1. Burrito : makanan khas Meksiko yang terdiri atas tortilla gandum dan diisi dengan daging sapi / ayam / babi kemudian digulung. Di Amerika Serikat, isi dari burrito lebih bervariasi, seperti nasi, kacang merah, kubis, tomat, saus salsa, guacamole, keju, dan sour cream. Kata burrito dalam bahasa Spanyol berarti "keledai kecil", nama ini mungkin diberikan karena ujung tortilla gandum yang telah digulung mirip dengan telinga keledai. Atau mungkin juga burrito mirip dengan kantong - kantong yang biasanya digendong oleh keledai di Amerika Selatan.
2. Quesadila : makanan khas Meksiko dan Tex Mex yang terdiri dari tortilla jagung / tepung terigu dan keju cair di dalamnya.
3. Taco : makanan khas Meksiko yang terdiri atas tortilla gandum yang dilipat dengan isian daging sapi / babi / ayam / seafood, sayuran, dan keju. Biasanya di garnish dengan saus salsa, guacamole, cilantro, tomat, daging, bawang, dan selada.
4. Enchilada : makanan utama di Meksiko yang terdiri dari tortilla gulung berisi daging, keju, kentang, sayuran, seafood, kemudian disiram dengan saus cabai.

Tortilla Art :
Dipelopori oleh Joe Bravo yang mempunyai bakat melukis namun berasal dari keluarga miskin. Karena ia tidak mampu untuk membeli kanvas, ia memanfaatkan tortilla sebagai media lukisnya. Namun tortilla art yang dibuatnya tidak dapat dimakan karena mengandung bahan kimia.
Kemudian pelukis lain seperti Rio Yanez menciptakan suatu inovasi baru dengan membuat tortilla art nya dapat dimakan.

Ide bisnis :
Membuat jasa pembuatan tortilla art sesuai request customer, contohnya membuat puisi di atas tortilla yang tentunya tetap dapat dimakan.


No comments:

Post a Comment