Friday, February 7, 2014

Garam Masala

Garam Masala

Ketika mendengar kata "garam masala" apa yg ada di benak kalian? Apakah seperti garam dalam bahasa Indonesia yg asin dan berwarna putih? Jika demikian kalian salah besar! Garam masala dalam bahasa India adalah garam : pedas, masala : campur.. Artinya adalah campuran dari beberapa rempah-rempah yang kuat. 

Garam masala memiliki lebih dari 7++ campuran rempah-rempah dan hingga saat ini tercipta 1000 lebih resep garam masala, mengapa demikian? Karena garam masala tidak memiliki ketentuan maksimum jumlah campuran rempah-rempah dan komposisinya boleh ditambahkan sesuka hati. Namun garam masala yg biasanya terdiri dari lada, cengkeh, kayu manis, jinten, dan kapulaga.
Lalu apa bedanya dengan spice biasanya? Bedanya ada di cara penggunaannya, jika spice dimasak pada awal memasak, garam masala dimasak pada pertengahan memasak agar aroma masih tercium hingga makanan disajikan.

Cara membuat garam masala :

Sangrai semua bumbu, kecuali pala (karena warnanya sudah cokelat) hingga agak gosong, kemudian tambahkan bubuk pala, lalu blender semuanya hingga menjadi bubuk, selesai sudah =P

Keunikan :
Keunikannya cenderung ke manfaatnya dalam kesehatan, seperti :
1. Garam masala dapat menambah nafsu makan untuk anak
2. Mencegah masuk angin
3. Mencegah asma dan asam lambung
4. Menghangatkan tubuh (terdapat jahe dan cabe kering)

Garam masala kini sudah banyak dijual di supermarket, jadi tinggal dituangkan saja ke masakan dan diolah. Namun harganya cenderung mahal sehingga kebanyakan orang membuat garam masalanya sendiri.


Komentar untuk presentasi ini :
Presentasi sudah cukup bagus dan lengkap, namun seharusnya dipelajari lebih dalam lagi agar tidak terjadi kesalahan dalam mempresentasikan (contohnya gambar kapulaga bukan kapulaga India melainkan kapulaga Jawa).

No comments:

Post a Comment