Friday, February 7, 2014

Onigiri

Onigiri


Semua pasti sudah pada tahu makanan dari negeri sakura ini? Yup! Onigiri adalah nasi kepal yg dibentuk segitiga (pada umumnya, agar tidak mudah hancur) dan diberi lembaran rumput laut (untuk tempat memegang agar tangan tidak lengket. Makanan yg satu ini ternyata cukup terkenal lhoo hingga punya beberapa sebutan di negara-negara lain, contohnya riceball dari Inggris, rijtsball dari Belanda, dan nasi kepal dari Indonesia tercintaa.

Sejarah :
Masyarakat Jepang mengenal onigiri pada abad ke 11, pada saat itu ditemukan buku harian Lady Murasaki yg tertulis bahwa orang-orang makan bola-bola nasi. Jauh sebelum itu, onigiri sudah menjadi bekal makan siang untuk para samurai pada saat perang.
Pertama kali nasi kepal disebut dengan tonjiki, namun seiring berjalannya waktu sebutannya berubah menjadi onigiri.
Onigiri mulai diproduksi masal setelah ditemukannya pencetak onigiri pada tahun 1980an. Di Jepang telah menjadi tradisi karena tiap orang pasti berpikir bahwa nasi bekal ya onigiri, selain itu karena harganya yg murah membuat orang memilih onigiri sebagai breakfast mereka.

Perbedaan onigiri dengan sushi :
Jika onigiri dalam pembuatannya hanya diberi garam, sedangkan dalam pembuatan sushi ditambahkan vinegar.

How to make onigiri ?

Gambar diatas adalah cara tradisional membuat onigiri. Namun jika ingin membuat bulatan nasi dengan cepat, anda bisa menggunakan mangkok kecil yg diberi nasi, kemudian diputar-putar dan jadilah nasi bulat =D. Mulai dari bulatan nasi tersebut, barulah diisi dengan okaka (tuna kering) / tuna mayo / salmon / umeboshi (bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan) / konbu (ganggang rumput laut) / mentaiko, tergantung dengan selera masing-masing

Seiring bertambahnya waktu, bentuk-bentuk onigiri menjadi bermacam-macam, contohnya tawara, round, ball, dan unique shape (cartoon, binatang, dll) untuk menarik anak-anak agar lebih nafsu makan. Bentuk-bentuk tersebut selain dibuat dengan tangan, ada juga yg dibuat dengan cetakan onigiri.

Unique Shape Onigiri

Unique side of onigiri :
1. Ga hanya dengan beras jepang, onigiri juga dibuat dengan campuran beras ketan dan nasi merah.
2. Packaging onigiri menjaga kualitas onigiri dan praktis
 Packaging

3. Onigiri making machine
4. Terdapat onigiri goreng dan toast
5. Media jual onigiri ada onigiri vending machine (Taiwan) dan food truck (Los Angeles)

Onigiri Vending Machine


Komentar presentasi ini :
Presentasinya bisa dibilang sukses karena penjelasan mengenai onigirinya cukup detail dan management waktunya tepat. Hanya saja sisi kebudayaan Jepang terhadap onigiri belum dijelaskan.

No comments:

Post a Comment